Jumat, 10 Januari 2020

Gejala Umum Hirsutisme Yang Mesti Dikenali Wanita


Hirsutisme ialah pertumbuhan rambut yang tidak wajar atau berlebih pada tubuh wanita yang biasanya hanya terjadi pada tubuh laki-laki. Contohnya tumbuh kumis di bagian bibir atas wanita, janggut pada dagu wanita, cambang, punggung, serta dada.  Sedangkan untuk kelebatan rambut yang muncul, tergantung  dari faktor genetik masing-masing wanita. Kabar baiknya, penyakit ini bisa disembuhkan dengan pengobatan terapi medis serta perawatan diri.

Gejala Umum Hirsutisme Yang Mesti Dikenali Wanita

Meski mungkin di sekelilingmu tidak pernah melihat wanita yang mengidap hirsutisme, penyakit ini bisa terjadi dengan kisaran 5 sampai 10 persen pada wanita, dan memang umumnya bukan menjadi kondisi yang serius. Gejala umum hirsutisme memang biasanya bisa diobati hanya dengan melakukan terapi, dan tidak perlu melakukan perawatan medis. Namun, sudah pasti memerlukan waktu sampai berbulan-bulan, artinya tidak bisa disembuhkan dalam waktu yang singkat. Akan tetapi, mau tidak mau, kamu tetap harus mengobatinya karena penyakit ini bukanlah penyakit yang  bisa dihindari.

Gejala
Seperti yang sudah dijelakskan di atas, hirsutisme merupakan tumbuhnya rambut yang berwarna gelap juga tebal dan tumbuh pada bagian-bagian tubuh wanita yang tidak biasanya atau umumnya tumbuh hanya pada pria. Misalnya pada bagian atas bibir, bagian dagu, dada, punggung bagian bawah, serta puting. Menurut hellosehat.com, ada beberapa gejala yang bisa dilihat, antara lain tubuh yang mulai memproduksi keringat secara berlebihan, munculnya jerawat, tidak teraturnya menstruasi bahkan tidak menstruasi sama sekali, serta ukuran payudara yang kecil.

Pada penyakit hirsutisme, ada pula gejala yang serius, seperti pertumbuhan rambut yang terlampau cepat atau sebaliknya cepat mengalami kebotakan, perubahan suara yang semakin lama semakin dalam, otot yang berkembang cepat, gairah untuk seksual yang berbeda, serta memiliki masalah pada kesuburan. Meski terlihat lengkap, memang biasanya ada beberapa gejala lain yang tidak tertulis di atas. Maka dari itu, apabila kamu merasa bahwa memiliki gejala-gejala di atas atau kekhawatiran akan penyakit ini ada pada dirimu, kamu bisa langsung pergi untuk konsultasi ke dokter.

Penyebab
Selain gejala umum hirsutisme, kamu pun harus mengetahui apa saja yang bisa menjadi penyebab munculnya penyakit ini. Ada tiga penyebab utama untuk penyakit hirsutisme, seperti yang sudah dituliskan hellosehat.com, antara lain :

Genetik, kebanyakan dari orang yang mengalami hirsutisme, dapat terjadi akibat dari adanya orang tua ataupun saudara yang pernah mengalami penyakit ini. Maka dari itu, apabila ada kerabat atau orang tua sendiri yang mengidap penyakit ini dan kamu merasakan gejala-gejala di atas, kamu bisa langsung pergi ke dokter untuk melakukan konsultasi. Karena faktor keturunan pun sangat berpengaruh dalam munculnya penyakit hirsutisme.

Hormon, tidak hanya faktor genetik atau keturunan, kebanyakan kasus wanita yang mengalami hirsutisme berasal dari hormon pria yang tinggi di dalam tubuhnya. Hormon ini biasa disebut dengan hormon androgen. Normalnya, wanita memang memuat hormon androgen di dalam ovarium serta pada kelenjar adrenal, apabila kadarnya melebihi daripada kadar normal, maka bisa menyebabkan munculnya penyakit hirsutisme. Akan tetapi, kasus yang berasal dari hormon ini biasanya terjadi pada wanita yang memang mengidap PCOS atau sindrom ovarium polikistik, tumor pada kelenjar adrenal, dan sindrom cushing.

Obat, merupakan faktor penyebab yang juga bisa membuat penyakit hirsutisme muncul di dalam tubuh wanita. Memang, bukan sembarangan obat-obatan melainkan obat-obatan tertentu yang bisa membuat kadar dari hormon di dalam tubuh menjadi berubah. Perubahan hormon tersebutlah yang bisa membuat pertumbuhan rambut pada tubuh wanita menjadi berlebihan. Obat-obatan yang dimaksud contohnya adalah fenitoin, diazoxide, minoxidil, steroid, dan siklosporin.

Itulah ulasan mengenai penjelasan gejala umum hirsutisme yang bisa kamu ketahui dan waspadai sebagai wanita. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar